PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI RELASI DAN FUNGSI

Authors

  • Frumensia Wea UNIVERSITAS PGRI PONTIANAK
  • Yudi Darma UNIVERSITAS PGRI PONTIANAK
  • Wandra Irvandi UNIVERSITAS PGRI PONTIANAK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam materi relasi dan fungsi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 17 Pontianak dengan melibatkan 1 guru dan 25 siswa kelas VIIIC sebagai subjek penelitian. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi tujuh langkah, meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, uji coba produk, revisi produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berupa modul ajar sangat valid dengan persentase validitas materi 82,13% dan validitas media 84,31%. Tingkat kepraktisan diperoleh dari angket guru sebesar 82,67% dan siswa sebesar 81,92%. Tingkat keefektifan mencapai 88% dengan 22 dari 25 siswa memperoleh nilai  pada posttest dan rata-rata nilai sebesar 84,2. Dengan hasil tersebut, modul ajar ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci : Modul ajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Pemecahan Masalah 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI RELASI DAN FUNGSI. (2024). Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 6(2), 840-851. https://jurnal.mipatek.upgripnk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/729