PENGEMBANGAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERMUATAN KARAKTER TERHADAP KAMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Authors

  • Aldi Wahyudi IKIP PGRI Pontianak
  • Yudi Darma IKIP PGRI PONTIANAK
  • Iwit Prihatin IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

Macromedia Flash, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Karakter, Contextual Teaching And Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran macromedia flash berbasis contextual teaching and learning bermuatan karakter terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang mencapai kriteria valid, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluating. Tetapi pada penelitian ini hanya pada tahap pengembangan saja. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMPN 1 Tempunak sebanyak 20 siswa, ahli dan guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket dan soal posttest. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi macromedia flash berbasis contextual teaching and learning bermuatan karakter memiliki kriteria sangat valid. Tingkat kepraktisan terhadap macromedia flash berbasis contextual teaching and learning bermuatan karakter memiliki kriteria sangat praktis, tingkat keefektifan terhadap macromedia flash berbasis contextual teaching and learning bermuatan karakter tergolong kriteria sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa macromedia flash bermuatan problem posing yang dikembangkan dapat digunakan karena memenuhi kriteria kevalidan yang sangat valid, kepraktisan yang sangat praktis, dan keefektifan yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Aldi Wahyudi, IKIP PGRI Pontianak
    Program Studi Pendidikan Matematika
  • Yudi Darma, IKIP PGRI PONTIANAK
    PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
  • Iwit Prihatin, IKIP PGRI Pontianak
    Program Studi Pendidikan Matematika

References

Ambarmaya, N., & Aini, I. N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 485–491.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Bintiningtiyas, N. (2016). Pengembangan Permainan Varmintz Chemistry Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Periodik Unsur (Development Of Varmintz Chemistry As Learning Media On Periodic System Of Element). Unesa Journal Of Chemical Education, 5(2).

Darma, Y., & Sujadi, I. (2014). Strategi heuristik dengan pendekatan metakognitif dan investigasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kreativitas siswa madrasah aliyah. Jurnal Pendidikan MIPA (Old), 15(2).

Darma, Y., Firdaus, M., & Pratama, A. (2017). Analisis Metakognisi Terhadap Pemecahan Masalah Dalam Materi Kaidah Pencacahan Pada siswa Kelas XII IPS I MAN I Kubu Raya 1,2,3. 438–445.

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode pemecahan masalah menurut polya untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis di sekolah menengah pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Ambarmaya, N., & Aini, I. N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Matematika, 2(1).

Hasan, H. (2015). Kendala yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar matematika di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 1(4).

Khairani, M., & Febrinal, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk macromedia flash materi tabung untuk SMP kelas ix. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2), 95-102.

Khairani, M., & Febrinal, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk macromedia flash materi tabung untuk SMP kelas ix. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2), 95-102.

Kulsum, V. S., Subarjah, H., & Isrok’atun. (2016). Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 411–420.

Lestari, A. D., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Siswa Di Kelas Viii SMP Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kahatulistiwa, 9(9), 1–8.

Sa’adah, R. N., & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D (Reasearch and Development) (A. R. Abdullah (ed.); 1st ed.). Literasi Nusantara

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Yudhaskara, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Software di SMK Gama Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 05(03). 89.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGEMBANGAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERMUATAN KARAKTER TERHADAP KAMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. (2022). Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 4(2), 512-522. https://jurnal.mipatek.upgripnk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/490

Similar Articles

11-20 of 69

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>