PENERAPAN STRATEGI SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI OPERASI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII SMP AS-SALAM PONTIANAK
Keywords:
Strategi Scaffolding, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.Abstract
Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai penerapan strategi scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam materi operasi bilangan bulat pada siswa kelas VII SMP As-Salam Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum diterapkan strategi pembelajaran Scaffolding di kelas VII A SMP As-Salam Pontianak adalah 47,60 berdasarkan kriteria nilai yang telah ditentukan tergolong gagal; (2) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran Scaffolding di kelas VII A SMP As-Salam Pontianak adalah 65,625, berdasarkan kriteria nilai yang telah ditentukan tergolong baik; (3) Terdapat peningkatan strategi pembelajaran Scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam materi operasi bilangan bulat pada siswa kelas VII A SMP As-Salam Pontianak.
Downloads
References
Adinegara. (2010). Vygotskian Perspective: Proses Scaffolding untuk mencapai Zone of Proximal Development (ZPD). Tersedia: http://dlog.Unnes.ac.id/adinegara/2010/03/04/vygotskian-perspective-proses-scaffolding-untuk-mencapai-zone-of-proximal-development-zpd/.
Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdaarya.
Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Darma, Y., & Firdaus, M. (2016). Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Strategi Heuristik dengan Pendekatan Metakognitif Ditinjau dari Kemandirian Belajar Mahasiswa Calon Guru Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 1-10.
Darma, Y., Dede, S., Yani, A. (2019). Analisis Data Statistik: Sebuah Pendekatan Praktis Pengolahan Statistik Bermuatan Karakter. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Gordah, E.K. (2009). Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Open Ended. Tesis pada Studi Matematika UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Ibrahim dan Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Iswara, N. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Segiempat Melalui Metode Pembelajaran Scaffolding pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Polokarto tahun ajaran 2011/2012.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang: Implementasi Kurikulum 2013.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.