PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERMUATAN KARAKTER TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULATDI SMP ISLAM WALISONGO
Abstract
Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah media berupa video pembelajaran matematika bermuatan karakter terintegrasi ayat–ayat Al–qur’an. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian R&D ini adalah model pengembangan Borg and Gall. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, dan revisi produk. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Walisongo selama 1 bulan dengan subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VII A berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik pengukuran. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi dan media, angket respon guru dan siswa, serta tes. Sedangkan untuk teknik analisis data adalah untuk melihat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran bermuatan karakter terinttegrasi ayat–ayat Al–qur’an yang dikembangkan layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran. Dengan tingkat kevalidan memperoleh rata-rata persentase sebesar 92,65% dengan kriteria sangat valid, tingkat kepraktisan memperoleh rata-rata persentase sebesar 91,85% dengan kriteria sangat praktis, dan tingkat keefektifan memperoleh total persentase sebesar 71% dengan kriteria cukup efektif. Sehingga dapat disimpulakan bahwa media video dapat digunakan untuk pembelajaran pada materi operasi hitung bilangan bulat.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.