IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MATERI HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SENGAH TEMILA

Authors

  • Meliani IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan medote deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada materi himpunan, untuk mengetahui penyusunan RPP berdiferensiasi dalam materi himpunan dan mengetahui proses pembelajaran serta mencari tau faktor penghambat dalam proses pembelajaran berdiferensiasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Sengah Temila. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik komunikasi langsung, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, dan RPP berdiferensiasi. Dari hasil observasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi, guru sudah dapat memenuhi secara keseluruhan poin penilaian dengan baik. Hanya saja di bagian RPP aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan tidak ditampilkan di dalam RPP. Hambatan yang dialami guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi adalah guru masih kesulitan dalam mengidentifikasi dan  memahami kebutuhan belajar siswa, dan kurangnya sarana dan prasarana sehingga dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi dikelas belum begitu maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MATERI HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SENGAH TEMILA. (2024). Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 6(2), 800-809. https://jurnal.mipatek.upgripnk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/684