GAME MONOPOLI DALAM PEMBELAJARAN MATERI PELUANG TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMK PGRI PONTIANAK

Authors

  • RISKI SUWANTO universitas pgri pontianak
  • Marhadi Saputro UNIVERSITAS PGRI PONTIANAK
  • Utin Desy Susiaty UNIVERSITAS PGRI PONTIANAK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan Monopoli edukatif sebagai media pembelajaran materi peluang untuk siswa kelas XI di SMK PGRI Pontianak. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa kelas XI di SMK PGRI Pontianak mengalami kesulitan memahami materi peluang yang mengandung pemahaman matematis dan memiliki motivasi belajar yang rendah. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti mengembangkan media permainan Monopoli edukatif yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa media permainan Monopoli edukatif layak digunakan dengan revisi kecil, dengan skor validitas media 93,67% dan validitas materi 96,67%, keduanya dikategorikan sangat valid. Uji coba dilakukan pada 14 siswa kelas XI di SMK PGRI Pontianak. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media permainan Monopoli edukatif memiliki tingkat kepraktisan yang tinggi, dengan skor kepraktisan 97,085%, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa, dengan skor efektivitas 76,1%. Kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan media permainan Monopoli edukatif pada materi peluang untuk siswa kelas XI di SMK PGRI Pontianak telah mencapai tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas yang tinggi. Media permainan Monopoli edukatif ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa terhadap materi peluang.

Kata Kunci: Game Education, Monopoli, Kemampuan Pemahaman Matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Marhadi Saputro, UNIVERSITAS PGRI PONTIANAK

    Pendidikan Matematika

  • Utin Desy Susiaty, UNIVERSITAS PGRI PONTIANAK

    Pendidikan Matematika

Downloads

Published

2025-01-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

GAME MONOPOLI DALAM PEMBELAJARAN MATERI PELUANG TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMK PGRI PONTIANAK. (2025). Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 6(2), 829-839. https://jurnal.mipatek.upgripnk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/705

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>