PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Authors

  • SARI MAWAR INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (IKIP PGRI) PONTIANAK

Keywords:

Development, Pop Up Book, Problem Solving Ability.

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan research and development. Rancangan yang digunakan adalah model borg and gall dengan 7 tahao penelitian diantaranya potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validitas desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Ledo dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII berjumlah 30 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kelayakan Pop Up Book berdasarkan tingkat kevalidan dan kepraktisan. Pengembangan media pembelajaran Pop up book mencapai tingkat kevalidan dengan kategori valid dengan kevalidan media mencapai nilai RTV 3,93 dan kevalidan materi mencapai nilai RTV 3,97, mencapai tingkat kepraktisan dengan kriteria sangat praktis ditunjukan dengan angket respon siswa yang mencapai nilai 87%  dan angket respon yang diberikan guru mencapai nilai 91%, mencapai tingkat keefektifan dengan kriteria efektif berdasarkan nilai ketuntasan yang ditentukan sekolah. Hasil tes menunjukan  rata-rata nilai siswa mendapatkan nilai 75,97 dengan persentase ketuntasan 90%.

 

The type of research used in this research is research and development research and development. The design used is the borg and gall model with 7 stages of research including potential and problems, data collection, product design, design validity, design revision, product testing, and product revision. This research was conducted at SMP Negeri 2 Ledo with the research subjects being 30 class VIII students. The aim of this research is to see the feasibility of Pop Up Books based on the level of validity and practicality. The development of Pop up book learning media reached a level of validity in the valid category with the validity of the media reaching an RTV value of 3.93 and the validity of the material reaching an RTV value of 3.97, reaching a level of practicality with very practical criteria as shown by the student response questionnaire which reached a value of 87% and the questionnaire the response given by the teacher reached a score of 91%, reaching the level of effectiveness with effective criteria based on the completion score determined by the school. The test results show that the average student score was 75.97 with a completion percentage of 90%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abner, D., Avianty, D., & Sefaverdiana, P. V. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book pada Materi Bangun Ruang. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 2(01), 38–44. https://doi.org/10.33503/prosiding.v2i01.1489

Albay, E. M. (2019). Analyzing the effects of the problem solving approach to the performance. Social Sciences & Humanities Open, 1-7.

Alcantara, E. C., Bacsa, J. M. P., & City, B. (2017). Critical thinking and problem solving skills in mathematics of grade-7 public secondary students. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 5(4), 21-27.

A’yun, Q. (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Muatan Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 07 Kota Bima

Desi, R. (2020). Pengembangan pop-up book sebagai media pembelajaran pada materi struktur atom di sma inshafuddin banda aceh.

Hannula, M. S., Pantziara, M., & Di Martino, P. (2018). Affect and mathematical thinking: Exploring developments, trends, and future directions. Developing Research in Mathematics Education.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., dan Soemarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama

Hidayat, W. & Sariningsih (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa Melalui Pembelejaran OPEN ENDED. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 109–118.

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134-150.

Munadzifah Lailatul, Silviana, N. F., & Khairiyah, K. U. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pancar (Pendidik …, 5(2),132–137.

https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/202Sudrajat. 2016. Kelayakan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aurora 3D Presentation Pada Materi Pokok Potensi Dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia Dalam Pembelajaran IPS Kelas VII SMP

Musfiqon, H. M. (2012). Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Nurfatanah, Rusmono, & Nurjannah. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 547.

Nurhasanah, D. E., Kania, N., & Sunendar, A. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMP. Jurnal Didactical Mathematics, 1(1), 301045.

Olivares, D., Lupiáñez, J. L., & Segovia, I. (2021). Roles and characteristics of problem solving in the mathematics curriculum: a review. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 52(7), 1079-1096.

Pramesti, J. (2015). Pengembangan media pop-up book tema peristiwa untuk kelas III SD. Basic Education, 4(16).

Rahayu, S. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kesebangunan. JURNAL e-DuMath, 2(1).

Rizki, Y (2022) pengembangan media buku buku bergambar aku dan propesiku pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 18 mataram

Sudrajat. 2016. Kelayakan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aurora 3D Presentation Pada Materi Pokok Potensi Dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia Dalam Pembelajaran IPS Kelas VII SMP.

Supardan, Dadang. 2016. “Teori dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran.” Edunomic 4(1):1–12.

Tena, Fransiska Ule. 2016. “Pengembangan Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Menulis Ringkasan Siswa Kelas V SD Negeri Tambakaji 04.” Universitas Negeri Semarang.

Ulinuha, Koeri, dan Joko Widodo. 2016. “Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Mata Pelajaran Ekonomi SMA Kelas X Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di Kabupaten Semarang.” Economic Education Analysis Journal.

Wahyuningsih, A. N. (2012). Pengembangan media komik bergambar materi sistem saraf untuk pembelajaran yang menggunakan strategi PQ4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1).

Downloads

Published

2024-06-09

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. (2024). Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 6(1), 757-773. https://jurnal.mipatek.upgripnk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/609

Similar Articles

1-10 of 24

You may also start an advanced similarity search for this article.