ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI LINGKARAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 PONTIANAK

Authors

  • Anastasia Marini Afanti IKIP-PGRI PONTIANAK

Keywords:

Miskonsepsi, Certainty Of Respon Index (CRI), Lingkaran

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan yang harus dikuasai siswa. Tetapi siswa sering mengalami miskonsepsi sehingga berpengaruh terhadap penguasaan konsep selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak pada materi lingkaran dengan menggunakan Certainty Of Respon Index (CRI). Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa kelas VIII A  . Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 siswa yang paling banyak mengalami miskonsepsi. Berdasarkan identifikasi miskonsepsi dari tiga orang subyek penelitian, didapatkan hasil bahwa rata-rata siswa mengalami miskonsepsi tentang materi lingkaran dengan sub tema unsur-unsur lingkaran, luas dan keliling lingkaran, dan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring. miskonsepsi terbesar dilakukan siswa yaitu 42.85%. Dalam hal ini CRI dapat membantu peneliti untuk membedakan siswa yang mengalami miskonsepsi dan siswa yang tidak tahu konsep dengan cara mengukur tingkat keyakinan atau kepastian seseorang dalam menjawab tiap item yang diberikan. Tingkat kepastian jawaban tercermin dalam skala CRI yang diberikan bersamaan dengan setiap jawaban soal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadillah, Syarifah & Utin Desy. (2019). Developing refutation text to resolve students’ misconceptions in addition and subtraction of integer. Jurnal Tadris Matematika 12(1) 2019: 14-25.

Murniasih, Tatik. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Lingkaran dengan Menggunakan Three Tier-Test. Jurnal Ilmiah Edukasi. 19(2) 2018.

Siwi, Dwi Anti Prapti. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas VIII Pada Konsep Sistem Pencernaan Dan Pernapasan. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. http://jurnal.repository.uinjkt.ac.id. (Diakses 23 Juli 2019).

Siska. (2012). Miskonsepsi Siswa Tentang Operasi hitung Lingkaran (Kasus Pada Materi Operasi hitung Sebuah Lingkaran dikelas VIII C SMP 1 MUKOK), Pontianak: FKIP UNTAN.

Zulfa, Indana. (2013). Analisis Miskonsepsi Siswa Dengan Certainty of Response Index (CRI) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII MTS. Undergraduate Thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10943. (Diakses 01 Februari 2019).

Downloads

Published

2020-06-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI LINGKARAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 PONTIANAK. (2020). Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 2(1), 39-50. https://jurnal.mipatek.upgripnk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/61

Similar Articles

1-10 of 20

You may also start an advanced similarity search for this article.