PENGEMBANGAN LKS BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi Teorema Pythagoras kelas VIII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis, lembar validasi ahli, serta angket respons siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis HOTS yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan deskripsi hasil penelitian yang telah diuraikan, diperoleh bahan ajar berupa LKS berbasis higher order thinking skill untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pengembangan 4-D dengan tahap define, design, develop dan disseminate.Dengan demikian, LKS berbasis HOTS pada materi Teorema Pythagoras ini dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan pemecahan masalah matematis siswa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.