PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DALAM MATERI TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 02 PONTIANAK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Powerpoint Interaktif terhadap kemampuan koneksi matematis pada materi teorema pythagoras untuk siswa kelas VIII SMPN 02 Pontianak yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development(R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Subjek penelitian ini terdiri dari validator ahli, guru, dan siswa kelas VIII D SMPN 02 Pontianak yang terdiri dari 20 siswa.Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket, dan soal posttest. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi Powerpoint Interaktif dengan kriteria sangat valid sebesar 90,38%, tingkat kepraktisan Powerpoint Interaktif memiliki kriteria sangat praktis sebesar 81,03%, tingkat keefektifan dilihat dari hasil pengerjaan soal tes kemampuan koneksi matematis siswa dengan kriteria sangat efektif sebesar 85%. Artinya, terdapat peningkatan nilai hasil belajar siswa dalam kemampuan koneksi matematis, sehingga dikategorikan efektif.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif, Kemampuan Koneksi Matematis
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.