PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DALAM MATERI TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 02 PONTIANAK

Authors

  • ayunda Universitas PGRI Pontianak

Abstract

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menghasilkan Powerpoint Interaktif  terhadap  kemampuan  koneksi matematis  pada  materi  teorema pythagoras  untuk  siswa  kelas  VIII  SMPN  02 Pontianak  yang  mencapai  tingkat kevalidan,  kepraktisan  dan  keefektifan.  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah Research  and Development(R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Subjek penelitian ini terdiri dari validator ahli, guru, dan siswa kelas VIII D SMPN 02 Pontianak yang terdiri dari 20 siswa.Instrumen yang  digunakan  adalah  lembar  validasi,  angket,  dan  soal posttest. Berdasarkan  hasil  penelitian  diperoleh  hasil validasi Powerpoint Interaktif    dengan  kriteria  sangat  valid  sebesar  90,38%,  tingkat  kepraktisan Powerpoint Interaktif  memiliki  kriteria  sangat  praktis  sebesar 81,03%,  tingkat  keefektifan dilihat  dari  hasil  pengerjaan  soal tes  kemampuan  koneksi  matematis  siswa  dengan  kriteria  sangat  efektif  sebesar  85%. Artinya, terdapat  peningkatan  nilai  hasil  belajar  siswa  dalam  kemampuan  koneksi matematis,  sehingga  dikategorikan efektif. 

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif, Kemampuan Koneksi Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DALAM MATERI TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 02 PONTIANAK. (2024). Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 6(1), 789-799. https://jurnal.mipatek.upgripnk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/656