PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO INTERAKTIF PADA MATERI APLIKASI PERKANTORAN DI KELAS VII SMP NEGERI 28 PONTIANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis video interaktif pada materi aplikasi perkantoran di kelas VII SMP Negeri 28 Pontianak yang dikembangkan, 2). Bagaimana Kelayakan media pembelajaran berbasis video interaktif, 3). Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis video interaktif pada materi aplikasi perkantoran yang dikembangan menggunakan aplikasi edpuzzle. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terbuka, angket tertutup dengan skala lima, dan lembar observasi. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang dosen ahli media, 2 orang guru ahli materi dan 30 orang siswa SMP Negeri 28 Pontianak. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari uji kelayakan memperoleh kategori layak digunakan oleh ahli media dan ahli materi, sedangkan respon dari pengguna Video Interaktif berada pada kategori Sangat Baik.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kiki Rianti, Dewi Sulistiyarini, Nurbani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.