PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERANGKAT KERAS DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SANGGAU LEDO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebelum diterapkannya media pembelajaran konvensional; (2) hasil belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dan media pembelajaran audiovisual pada kelas eksperimen pada materi perangkat keras; dan (3) perbedaan hasil belajar siswa setelah diajar menggunakan media pembelajaran konvensional dan media pembelajaran audiovisual pada materi perangkat keras. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dalam bentuk desain eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, pengukuran, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pre-test siswa yang belajar menggunakan media konvensional pada materi perangkat keras sebesar 48,28 dengan kategori “sangat rendah”, nilai post-test siswa yang belajar menggunakan media konvensional pada materi perangkat keras sebesar 48,57 dengan kategori “sangat rendah”, nilai pre-test siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran audiovisual pada materi perangkat keras sebesar 38,71 dengan kategori “sangat rendah”, dan nilai post-test siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran audiovisual pada materi perangkat keras sebesar 74,71 dengan kategori “sedang”, dan hasil uji hipotesis yang menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,01 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ha = Terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan media pembelajaran audiovisual dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional” diterima.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Audiovisual, Hasil Belajar, Perangkat Keras.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Crisensia Cindy, Winna Dharmayanti, Nurbani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.