ANALISIS KEVALIDAN DAN KEEFEKTIFAN MODUL AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI DI SMA NEGERI 1 NGABANG
Abstract
Bahan ajar merupakan alat atau perangkat pembelajaran yang dirancang secara sistematis dan memuat materi pembelajaran, metode, batasan, dan pilihan pengujian atau penilaian yang membantu mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian yaitu ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul ajar berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem pernapasan kelas XI sementar 2 di sekolah SMA Negeri 1 Ngabang. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model 4D yang terdiri dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata dari ahli materi dan media sebesar 93,70% dengan kriteria sangat valid, rata-rata dari angket respon siswa dan guru sebesar 92,93% dengan kriteria sangat praktis, rata-rata N-gain yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest sebesar 0,61 dengan kriteria sedang, sehingga modul ajar berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sangat layak, praktis, untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran dikelas.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.