PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS STEM TERHADAP KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada materi pemanasan global untuk siswa kelas VII. Pengembangan video pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi, serta berkontribusi pada pengembangan potensi kognitif mereka. Pendekatan menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Hannafin and Peck, yang meliputi tiga tahapan utama: analisis kebutuhan (need assessment), perancangan (design), dan pengembangan serta implementasi (development and implementation). Video pembelajaran dirancang dengan menggabungkan materi, animasi visual, dan narasi suara, serta dibuat menggunakan aplikasi CapCut untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran ini sangat valid dan layak digunakan, dibuktikan dengan rata-rata persentase kevalidan sebesar 85,49% dari empat validator. Selain itu, tingkat kepraktisan video pembelajaran juga tergolong praktis, dengan rata-rata persentase kreativitas siswa mencapai 78,51%. Dari segi keefektifan, terjadi peningkatan signifikan pada nilai kognitif siswa, di mana nilai rata-rata pretest sebesar 65,10 meningkat menjadi 83,07 pada posttest, dengan skor n-gain sebesar 0,60 yang menunjukkan kriteria sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis STEM ini efektif dalam meningkatkan nilai kognitif siswa pada materi pemanasan global.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.