PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 2 PULAU MAYA
Abstract
Pembelajaran dengan meggunakan model pembelajaran open-ended yang tepat akan menciptakan kondisi kelas yang dinamis yang para siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan melatih kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi system gerak pada manusia di kelas VIII di SMP Negeri 2 Pulau Maya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuasi eksperimen (Quasi eksperimental). Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk Quasi experimental design. Adapun desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain atau rancangan posttest only grup design. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diajar dengan model Open Ended pada materi sistem gerak pada manusia kelas VIII di SMP Negeri 2 Pulau Maya lebih baik dibandingkan dengan model konvensional. Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem gerak pada manusia yang diajar dengan model Open Ended dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional (direct intruction) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pulau Maya. Terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem gerak pada manusia yang diajar dengan model Open Ended dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional (direct intruction) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pulau Maya yang tergolong sedang.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.