PENGEMBANGAN  E-MODUL  BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XISMA SANTUN UNTAN PONTIANAK

Authors

  • Azura Azura Universitas PGRI Pontianak
  • Adi Pramuda Universitas PGRI Pontianak
  • Mustika Sari Universitas PGRI Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi kevalidan serta kepraktisan E-Modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem pencernaan manusia dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Santun Untan Pontianak. Pendidikan abad ke-21 menuntut peserta didik untuk tidak hanya menguasai materi pembelajaran, tetapi juga memiliki keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kreativitas, dan literasi digital. Oleh karena itu, pengembangan bahan ajar berbasis teknologi, seperti E-Modul, menjadi solusi inovatif dalam mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan media untuk memastikan kualitas serta kelayakan E-Modul. Uji kepraktisan dilakukan melalui angket respon guru dan siswa. E-Modul divalidasi oleh ahli materi dan media, serta diuji kepraktisannya melalui angket respon guru dan siswa. Hasil validasi menunjukkan tingkat kevalidan 91,8% (sangat valid), sedangkan uji kepraktisan memperoleh 98,12% dari guru dan 96,25% dari siswa (sangat praktis). E-Modul ini terbukti efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran interaktif berbasis teknologi pada mata pelajaran biologi.

Author Biographies

  • Azura Azura, Universitas PGRI Pontianak

    Program Studi Pendidikan Biologi

  • Adi Pramuda, Universitas PGRI Pontianak

    Program Studi Pendidikan Fisika

  • Mustika Sari, Universitas PGRI Pontianak

    Program Studi Pendidikan Biologi

Downloads

Published

2025-02-12

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGEMBANGAN  E-MODUL  BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XISMA SANTUN UNTAN PONTIANAK. (2025). Innovative Biology Education Journal (IBEJ), 1(1), 38-45. https://jurnal.mipatek.upgripnk.ac.id/index.php/IBEJ/article/view/783