PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XISMA SANTUN UNTAN PONTIANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi kevalidan serta kepraktisan E-Modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem pencernaan manusia dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Santun Untan Pontianak. Pendidikan abad ke-21 menuntut peserta didik untuk tidak hanya menguasai materi pembelajaran, tetapi juga memiliki keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kreativitas, dan literasi digital. Oleh karena itu, pengembangan bahan ajar berbasis teknologi, seperti E-Modul, menjadi solusi inovatif dalam mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan media untuk memastikan kualitas serta kelayakan E-Modul. Uji kepraktisan dilakukan melalui angket respon guru dan siswa. E-Modul divalidasi oleh ahli materi dan media, serta diuji kepraktisannya melalui angket respon guru dan siswa. Hasil validasi menunjukkan tingkat kevalidan 91,8% (sangat valid), sedangkan uji kepraktisan memperoleh 98,12% dari guru dan 96,25% dari siswa (sangat praktis). E-Modul ini terbukti efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran interaktif berbasis teknologi pada mata pelajaran biologi.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.