PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA SMK ETHIKA PONTIANAK
Keywords:
Research and Development, E-Learning, SMKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis e-learning pada SMK Ethika pontianak, (2) Rancangan media pembelajaran berbasis e-learning pada SMK Ethika pontianak, (3) Uji kelayakan media pembelajaran berbasis e-learning pada SMK Ethika pontianak, (4) Respon guru dan siswa menggunakan media pembelajaran berbasis e-learning pada SMK Ethika pontianak. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari subjek pengembangan ( ahli atau validator) dan subjek uji coba produk guru dan siswa.. Kelayakan media pembelajaran berbasis e-learning diperoleh nilai rata-rata 85,79% dengan kata lain media pembelajaran ini sangat layak digunakan. Respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran berbasis e-learning pada SMK Ethika Pontianak mendapat respon yang baik dari guru dan siswa dibuktikan dengan prolehan angket uji coba terbatas 78,38% dengan kategori setuju dan uji coba lapangan utama 79,45% dengan kategori setujuDownloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta. Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Amiroh,(2012). Kupas Tuntas Membangun E-learning Dengan Learning Management System Moodle. Sidoarjo : Genta Group Production.
Agile Eldison Fitrada, P. W. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran E- learning Berbasis Moodle Pada Kompetensi Dasar Dasar Elektronika Di SMK Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol.4 No.2 463-467.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2006. Pedoman Penyusunan Bahan Ajar. Jakarta : Lukmana, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Darmawan D. (2016) Pengembangan E-learning Teori dan Desain. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Desinta Dwi Nuriyanti. 2013. Pengembangan E-learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Sistem Gerak Di SMA Negeri 1 Purbalingga. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Esa Manggala, M. A. (2018). Pengembanga E-learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Di Sekolah Menengah Kejuruan. Artikel Penelitian , 2-7.
Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta : Rajawali Pers.
Ginanjar Dwi Basuki. (2015). Pengembangan E-learning Berbasis Moodle Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Kotagede 1. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Kusrini, (2007) Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. Yogyakarta : CV. Andi.
Malik, N. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran Interaktif Model Simulasi Mata Kuliah Rangkaian Listrik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FT-UNM. Jurnal MEDTEK. Vol 2 (1), April 2010. Diakses 2 Desember 2014 tersedia: repository.upi.edu.
Nurwinta Yuliastuti, P. E. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis E-learning dengan Moodle untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Tema Pengelolaan Sampah. Jurnal Pendidikan Fisika , Vol.2. No.1. Halaman 15.
Rahman, Reza. (2009). Corporate Social Responsibility Antara Teori dan Kenyataan. Jakarta : Buku Kita
Sugiyono, (2016) Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Siahaan, Sudirman, 2004. E-Learning (Pembelajaran Elektronik) sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan. Halaman 42.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
S. Eko Putro Widoyoko, 2016. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tiara. 2015. Pengembangan Media e-learning berbasis moodle pada kompetensi dasar jurnal untuk siswa kelas XII IPS semester gasal di SMA Negeri 4 Jember. Prosiding seminar nasional pendidikan ekonomi dan bisnis. Halaman 1-8.
Wahono, Romi Satria. Pengantar e-Learning dan Pengembangannya. [Online] Available http://ilmukomputer.org/2008/11/25/pengantar-elearning-dan- pengembangannya/. 30 Agustus 2018.
Yakub, (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.