PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUNGAI TEBELIAN KABUPATEN SINTANG
Keywords:
Pengaruh Kemandirian Belajar, Peran Orang Tua, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Gambaran kemandirian belajar, peran orang tua dan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Informatika di SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang, (2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Informatika di SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang, (3) Pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Informatika di SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang, (4) Pengaruh kemandirian dan peran orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Informatika di SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang yang berjumlah 104 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling dengan sampel yang diperoleh berjumlah 84 siswa. Hasil penelitian ini, (1) Deskriptif hasil kemandirian, peran orang tua cenderung tinggi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang masuk dalam kategori cukup, (2) Tidak terdapat pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar informatika di kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang, (3) Tidak terdapat pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang, (4) Tidak terdapat pengaruh kemandirian dan peran orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang.
Downloads
References
Badria, I. L., Fajarianingtyas, D. A., & Wati, H. D. (2018). Pengaruh Peran Orang Tua dan Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar IPA. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(1).
Inarotul, U. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas Iii Min 2 Pringsewu. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Khotimah, K., & Zulkarnaen, M. P. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peranan Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Dharma Wanita Banyuurip Ngawi. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Nurhaziza, Y. I. (2021). Pengaruh sarana prasarana dan kemandirian belajar siswa Kelas VIII terhadap hasil belajar IPS di MTs Ahmad Yani Jabung Malang. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Parwati, N. N., Suryana, P. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.
Safitri, S. F., Suyoto, & Nurhidayati. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Peserta Didik dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Di SDIT Al-Madina Purworejo. Jurnal Paris Langkis, 114-124.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Thalib, A., & Istiqamah, N. (2021). Pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar siswa di SD inpres 1 donggulu. Jurnal Pendidikan Glasser, 83-92.
Zuldafrial. (2012). Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Media Prakarsa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.