PENGARUH KEMANDIRIAN DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK
Keywords:
kemandirian belajar, aktivitas belajar dan hasil belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui : (1) kemandirian belajar, aktivitas belajar dan hasil belajar siswa mata pelajaran TIK siswa SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang, (2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran TIK SMP Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang, (3) Pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran TIK SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang, (4) Pengaruh kemandirian dan aktivitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran TIK SMP Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan ex-post facto, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang yang berjumlah 204 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportional Random Sampling dimana cara pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, (1) Deskriptif hasil kemandirian cenderung tinggi dan hasil belajar siswa mata pelajaran TIK di kelas XII SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang masuk dalam kategori baik, (2) Terdapat pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran TIK di kelas XII SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang, (3) Terdapat pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran TIK di kelas XII SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang, (4) Terdapat pengaruh kemandirian dan aktivitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran TIK di kelas SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang.Downloads
References
Asrori, H.M. 2015. Perkembangan Peserta Didik Pengembangan Kompetensi Pedagogis Guru. Ruko Jambusari 7A Yogyakarta 55283: media akademi.
Daitin, T. 2014, “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika Di kelas V SDN 050687 Sawit Seberang”. Jurnal Kreano, ISSN : 2086-2334. Juni 2014, vol 5, Hal. 58.
Sobri, M. 2014. “Pengaruh Kedisiplinan Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil BelajarEkonomi Madrasah Aliyah Di Kecamatan Praya”. Jurnal Harmoni Sosial, 2014, Vol 1 Nomor 1, Hal 44. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan IPS.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Maryam, S. (2015). Skripsi. Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Di SMPN-14 Palangkaraya. Palangkaraya : Universitas Muhammadiyah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.