PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER

Authors

  • Alexendra Alexendra
  • Ridho Dedy Arief Budiman
  • Vindo Feladi

Keywords:

Auditori Intelectually Repetition, hasil belajar, Perkembangan Teknologi Komputer

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Generasi Komputer di Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap hasil Belajar pada materi Perkembangan Teknologi Komputer di kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak ?. (1) Bagaimana rata–rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada materi Perkembangan Teknologi Komputer di kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak ?. (2) Bagaimana rata–rata hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) materi Perkembangan Teknologi Komputer di kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak ? (3)Apakah terdapat peningkatan yang signifikan rata-rata hasil belajar siswa kelas XI setelah diterapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition pada materi Perkembangan Teknologi Komputer di kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak ?. Penelitian ini menggunakan Metode Eksperiment, bentuk penelitian ini adalah Pre-Eksperiment Desain. Teknik Pengambilan Sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ A berjumlah 37 Siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Generasi Komputer di Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak. Berdasarkan Pre-test adalah 62,3. (2) Rata-rata hasil belajar sesudah diterapkan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Generasi Komputer di Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak. Berdasarkan Post-test adalah 76,7. (3) Terdapat peningkatan yang signifikan rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Generasi Komputer di Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak. Hal ini berdasarkan perhitungan Uji-t diketahui bahwa t_hitung (5,58) > t_tabel (1,688).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Huda, M (2015). Model-Model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&d. Bandung: Alfabeta.

Published

2020-01-16

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER. (2020). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer (JPTIK), 1(1), 21-28. https://jurnal.mipatek.upgripnk.ac.id/index.php/JPTIK/article/view/135

Similar Articles

1-10 of 12

You may also start an advanced similarity search for this article.