PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER
Keywords:
Auditori Intelectually Repetition, hasil belajar, Perkembangan Teknologi KomputerAbstract
Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Generasi Komputer di Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap hasil Belajar pada materi Perkembangan Teknologi Komputer di kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak ?. (1) Bagaimana rata–rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada materi Perkembangan Teknologi Komputer di kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak ?. (2) Bagaimana rata–rata hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) materi Perkembangan Teknologi Komputer di kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak ? (3)Apakah terdapat peningkatan yang signifikan rata-rata hasil belajar siswa kelas XI setelah diterapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition pada materi Perkembangan Teknologi Komputer di kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak ?. Penelitian ini menggunakan Metode Eksperiment, bentuk penelitian ini adalah Pre-Eksperiment Desain. Teknik Pengambilan Sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ A berjumlah 37 Siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Generasi Komputer di Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak. Berdasarkan Pre-test adalah 62,3. (2) Rata-rata hasil belajar sesudah diterapkan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Generasi Komputer di Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak. Berdasarkan Post-test adalah 76,7. (3) Terdapat peningkatan yang signifikan rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Generasi Komputer di Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak. Hal ini berdasarkan perhitungan Uji-t diketahui bahwa t_hitung (5,58) > t_tabel (1,688).
Downloads
References
Huda, M (2015). Model-Model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&d. Bandung: Alfabeta.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.